Saturday, September 22, 2012

Penampilan Jam Master Jay di TVRI Tahun 1986

TV Series That First Introduced Me to Jam Master Jay in 1986



Setelah berusaha mencari-cari, ternyata sampai sejauh ini belum satupun arsip video serial sit-com "Better Days" berhasil ditemukan di internet. Hanya ulasan ulasan produksi di Wikipedia dan IMDb, itupun setelah beberapa tahun berselang setelah sebelumnya mencari cari tanpa hasil (artikel Wikipedia tentang film ini di buat tahun 2012, dan artikel IMDb tahun 2006). padahal besar sekali hasrat untuk menonton Better Days episode Run DMC  , untuk bernostalgia dan mengenang almarhum Jam Master Jay  dan sekedar mengoleksi footage video nya.

Better Days adalah sebuah film seri televisi 11 episode produksi Lorimar Telepictures dan Magnum/Thunder Road yang pernah ditayangkan TVRI disekitar tahun 1986. Saya lupa setiap hari apa seri ini ditayangkan, yang jelas sitcom ini menjadi satu satunya menu favorit di TVRI buat saya yang saat itu duduk di kelas 3 SMP. 

Kegilaan saya terhadap Afro-American, Funk, Ghetto, Street Gangs, bahkan Voodoo, sedikit terpenuhi oleh film ini. Tempat-tempat seperti Brooklyn dan Bronx, memang sangat mengobsesi saya saat itu (sampai sekarang). Film ini menceritakan Brian McGuire (Raphael Sbarge), seorang remaja Los Angeles California yang terpaksa harus pindah dan tinggal dengan kakeknya, Harry di Brooklyn, New York untuk mengatasi masalah keuangan orangtuanya. Brian tentu saja mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Lalu Brian berkenalan dan akrab dengan Luther Kain dan Anthony "The Snake" Johnson, dua rekan kulit hitam di tim basket SMA Braxton. Banyak joke rasial yang dikemas sangat "hip hop" dalam film ini.

Film ini menjadi sebuah pencerahan buat saya, karena di kota Sukabumi dimana saya tinggal, sangat sulit untuk mendapatkan informasi apapun tentang "black thangs" dan hip hop culture. Tidak ada toko buku atau rekaman yang menyediakan "kebutuhan khusus" itu. Kecenderungan lingkungan sekeliling yang "ta'at" akan kehendak industri dan latah  terhadap trend,  juga turut andil dalam sulitnya mendapat informasi tentang black culture.

Pada salah satu episode nya, Better Days menghadirkan Run DMC sebagai bintang tamu.   Tidak bisa terlukiskan betapa girang hati ini. Dalam episode itu memang hanya Joseph "Run" Simmons lah yang tampil paling lama, namun figur Jam Master Jay sebagai Beat Maker sangat mengobsesi saya. 

Episode ini lah yang memperkenalkan seorang bocah Sukabumi pada seorang Jam Master Jay di tahun 1986, dan semakin menguatkan cita-cita nya untuk menjadi seorang DJ, Beatmaker dan Producer.

No comments: